.

Thursday, July 1, 2010

Tips Menulis Artikel Online


Sudah tau apa itu menulis Online? tak seperti biasanya orang menulis di selembar kertas, bebeda dengan itu yang dimaksud menulis online ya berarti menulis di media online, sepeti website atau blog yang saat ini terus berkembang pesat menampilkan informasi yang dibutuhkan masyarakat pengguna internet. dan tujuan menulis artikel online adalah untuk dibaca para pencari informasi lewat mesin pencari seperti Google Yahoo MSN dan yang lainnya, akan tetapi tidah mudah penulis bisa mempublikasikan agar bisa dibaca orang banyak. oleh sebab itu saya ingin memberikan tips untuk anda di blog Tips Online ini. mudah-mudahan tips ini bisa berguna ya.. :)

1. Topik

Temukan topik artikel anda. Sebaiknya anda memilih topik yang memang anda mengerti atau kuasai. Bila artikel yang anda tulis bertujuan untuk memperkenalkan produk yang sedang anda jual, yakinkan diri anda memang sepenuhnya menguasai produk tersebut agar pembaca yang akan menikmati tulisan anda nantinya mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Selain itu, topik yang memang benar-benar anda kuasai akan memberikan keleluasan bagi anda untuk “menulis dengan hati” dan penuh semangat, biasanya faktor ini menyebabkan artikel anda lebih enak untuk dibaca. Artikel yang anda tulis juga akan menerima komentar atau pertanyaan nantinya, bila anda memang menguasai topiknya maka anda akan dengan cepat dan mudah memberikan respon kepada pembaca.

2. Optimasi Mesin Pencari (SE)

Temukan kata kunci (keyword) untuk artikel anda. Kata kunci inilah yang akan mendatangkan pengunjung ke artikel anda nanti. Kata kunci ini harus saling berhubungan dengan artikel yang anda tulis. Misalnya anda ingin menulis artikel tentang Bisnis Pulsa. Keyword yang bisa anda gunakan adalah bisnis pulsa, bisnis pulsa elektrik, bisnis pulsa online. Untuk optimasi di mesin pencari, hindari menggunakan keyword dengan kata atau phrase yang berulang lebih dari tiga kali. Pastikan juga keyword anda ada pada judul artikel. Untuk isi artikel, optimasi bisa anda lakukan dengan menyertakan keyword dalam isi artikel, namun jangan sampai “membanjiri” artikel.

3. Judul Artikel

Judul artikel harus selaras dengan isi artikel anda. Dan pastikan keyword anda sudah terdapat disana. Misalnya isi artikel anda tentang perawatan mesin motor dengan keyword perawatan mesin, anda bisa gunakan judul artikel “Tips Perawatan Mesin Motor” atau “Cara Perawatan Mesin Motor Yang Baik”.

4. Isi Artikel

Hal paling penting adalah isi artikel anda. Harus informatif dan spesifik agar pembaca merasa beruntung telah menemukan artikel anda. Berikan informasi yang bernuansa solusi dan tips sesuai pengalaman yang anda miliki. Perhatikan juga alur cerita artikel yang anda tulis, harus menjadi satu kesatuan yang terfokus pada topik dan judul artikel. Hindari menggunakan link yang terlalu banyak, dua link saja sudah cukup. Periksa kembali apakah ada kesalahan dalam penulisan kata, karena kesalahan dalam penulisan kata yang terlalu banyak akan membuat pembaca malas untuk melanjutkan membaca artikel. Pada bagian akhir, cobalah membuat satu kesimpulan dari isi artikel dan perkenalkan sedikit tentang profil anda.

5. Respon terhadap pembaca.

Artikel yang anda tulis merupakan gerbang bagi anda untuk berkenalan dengan orang lain. Bila artikel tersebut tentang produk yang anda jual maka pembaca artikel adalah calon rekan bisnis anda nantinya. Setiap ada komentar dan pertanyaan yang memang layak untuk anda respon, segeralah untuk memberikan respon, karena komunikasi yang lancar juga memegang peranan penting bagi keberhasilan bisnis anda. Tidak tertutup juga kemungkinan, anda dan si pembaca artikel akan saling bertukar informasi dan kerjasama yang saling menguntungkan di hari ke depan nya.

Yang terpenting adalah pemberian informasi yang tercapai. si penulis benar benar memberikan informasi yang dibutuhkn pembaca sehingga pembaca tidak kecewa dengan penulis.

sampai disini dulu ya.. jika kamu suka artikelnya silahkan komentar di Tips Online

0 comments:

Post a Comment

Refesensi !